TIDAK BERGANTUNG KEADAAN

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 RAJA-RAJA 6:24-7:2

Selagi ia berbicara dengan mereka, datanglah raja mendapatkan dia. Kata raja kepadanya, “Sesungguhnya, malapetaka ini dari Tuhan. Untuk apa aku berharap kepada Tuhan lagi?” (2 Raja-raja 6:33)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 22-24



Hidup dalam iman yang sejati menjadi topik yang kerap diperbincangkan di masa kini. Untuk membuktikan apakah kita telah hidup dalam iman yang sejati sesungguhnya akan teruji pada saat kita menghadapi masa-masa yang sulit. Mudah memang untuk mengatakan bahwa "saya beriman" pada saat situasi aman-aman saja, tetapi apakah kita akan tetap mengucapkan iman yang sama ketika situasi buruk menimpa kita?

Awalnya, Raja Yoram memang hidup dalam berkat Tuhan dan mengalami begitu banyak pertolongan. Pengalaman-pengalaman itu seharusnya menumbuhkan iman Yoram untuk semakin percaya dan mengandalkan Tuhan. Tapi sayang, semua itu tidak terjadi. Iman Yoram tergantung pada situasi. Ketika kerajaannya dikepung oleh Benhadad dan pasukannya, ketika bala kelaparan menimpa, dan ketika ia melihat rakyatnya kehilangan rasa kemanusiaan, Yoram justru melontarkan kata hujatan kepada Allah dan mengancam hendak membunuh Elisa. Bukankah respons Raja Yoram ini menunjukkan bahwa sesungguhnya imannya tidaklah dibangun di atas dasar yang benar sehingga ketika hujan badai itu datang maka rubuhlah bangunan rumah iman itu? Namun Elisa menunjukkan hal yang sebaliknya. Imannya tidak bergantung pada keadaan. Karena itulah ia tetap percaya dan berpegang teguh pada janji Allah yang menyediakan pertolongan itu.

Tepatlah bahwa iman yang sejati sesungguhnya tidak bergantung pada situasi. Iman sejati itu akan selalu memercayai janji Tuhan apa pun situasinya. Meski situasi berubah, tekanan berat datang, namun itu akan semakin mendekatkannya kepada Tuhan, bukan menghujat-Nya.

—SYS/www.renunganharian.net


JANJI TUHAN ADALAH FONDASI YANG KUAT
UNTUK BANGUNAN IMAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.