YANG DIKENAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.08 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMOS 5:21–27

"Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir." (Amos 5:24)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Petrus 3–5



Ketika motivasi hati seseorang telah menyimpang, maka seindah apa pun ibadah yang dilakukan tidak lagi dikenan Tuhan. Sebagian orang merasa bahwa dengan membawa banyak kurban persembahan, ingar bingarnya musik pujian, atau megahnya perayaan, itu semua akan membuat hati Tuhan berkenan memberkati mereka. Kegiatan ibadah dikemas sedemikian indah namun tujuannya bukan lagi untuk menghormati Tuhan, sebaliknya demi mencari keuntungan pribadi. Dibalik bentuk-bentuk kegiatan agamawi, beberapa orang sedang memungkiri hatinya di hadapan Tuhan.

Betapa hati Tuhan meratap menyaksikan ibadah yang dilakukan umat Israel. Melalui Nabi Amos, Tuhan menyatakan betapa benci hati-Nya terhadap semua perayaan mereka. Tuhan pun tidak menyukai sebaik apa pun kurban persembahan mereka. Mengapa? Karena hati mereka telah menyimpang dari Tuhan, hati mereka sesungguhnya jauh dari Tuhan. Ibadah yang mereka lakukan hanyalah kegiatan agamawi tanpa kasih. Secara fisik mereka beribadah, tetapi di sisi lain mereka berlaku tidak adil, menindas sesama, dan melakukan penyembahan berhala. Itu sebabnya Tuhan mengingatkan, “Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir” (ay. 24).

Ibadah yang menyukakan Tuhan tidaklah ditentukan semegah atau sebanyak apa persembahan yang kita berikan. Tanpa didasari hati yang mengasihi-Nya, semua sia-sia. Ibadah yang dikenan-Nya adalah ketika kita mempersembahkan hidup kita untuk mengasihi Tuhan, melakukan keadilan dan kebenaran, dan tidak menindas sesama. Ketika kita menyelaraskan hidup sesuai dengan perintah Tuhan, itulah ibadah yang dikenan-Nya.

—SYS/www.renunganharian.net


SEBAB AKU MENYUKAI KASIH SETIA, DAN BUKAN KORBAN SEMBELIHAN,
DAN MENYUKAI PENGENALAN AKAN ALLAH, LEBIH DARI PADA
KORBAN-KORBAN BAKARAN.—Hosea 6:6


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.