TUHAN YANG BERDAULAT

1 2 3 4 5 Rating 4.15 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 RAJA-RAJA 24:1–7

… Ia menyuruh mereka melawan Yehuda untuk membinasakannya sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan para hamba-Nya, yaitu para nabi. (2 Raja-raja 24:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 17–18



Untuk melaksanakan hukuman yang telah ditetapkan-Nya terhadap Yehuda, Tuhan menggerakkan gerombolan-gerombolan Kasdim, Aram, Moab dan bani Amon untuk melawan Yoyakim, raja Yehuda. Dengan jelas tertulis bahwa "Tuhan menyuruh gerombolan-gerombolan Kasdim" itu menjadi jalan penggenapan firman-Nya atas Yehuda. Ini memiliki arti bahwa Tuhan berdaulat untuk menggerakkan hati siapa pun yang dikehendaki-Nya untuk melaksanakan rencana-Nya.

Atas dasar itulah kita pun belajar untuk percaya bahwa di bawah kolong langit ini tidak ada sesuatu yang terjadi tanpa seizin Tuhan. Tuhan yang mengatur semua peristiwa yang terjadi di bumi ini. Tuhan juga yang mengizinkan segala sesuatu terjadi, termasuk memakai hal-hal yang kita anggap "tidak mungkin" atau tak terpikirkan oleh kita untuk menggenapi janji-Nya. Tuhan berdaulat penuh atas segalanya. Dan dengan keyakinan akan kedaulatan Tuhan atas alam semesta ini selayaknya membuat kita tidak merasa cemas atas apa yang terjadi di dunia ini. Tuhan sanggup mengubah semua situasi dengan cara-Nya untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya.

Rangkaian situasi buruk yang terjadi di sekitar kita acapkali memang membuat kita begitu takut. Meskipun kita belum mengerti maksud Tuhan di balik setiap peristiwa buruk yang terjadi, namun kita tetap meyakini bahwa kasih karunia-Nya tetap tersedia bagi setiap orang yang mau berbalik kepada-Nya. Tuhan menyatakan kedaulatan-Nya melalui setiap peristiwa untuk menyadarkan setiap orang agar berbalik dari jalannya yang jahat dan menerima kasih-Nya.

—SYS/www.renunganharian.net


BAHKAN BANGSA YANG TIDAK MENGENAL-NYA PUN DIPAKAI-NYA
UNTUK MEMBAWA PESAN PERTOBATAN BAGI UMAT PILIHAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.